wibiya widget

Thursday, January 12, 2012

Tenggorokan Nyeri dan Suara Serak

Benjolan di tenggorokan bisa dicurigai sebagai amandel biasa ataupun tumor. Masing-masing mempunyai gejala dan lokasi yang khas, yang bisa ditentukan oleh dokter melalui pemeriksaan secara langsung. Misalnya. amandel yang normalnya memang terlihat sebagian kecil, biasanya tampak jelas di kiri-kanan tenggorokan atas saat mulut terbuka.

Umumnya pembengkakan disertai tanda-tanda radang atau infeksi. Antara lain: benjolan dan jaringan sekitarnya memerah, tubuh demam, timbul nyeri, dan gerakan sekitarnya terganggu. Suara relatif tetap, jarang berubah jadi serak. Namun, bila pita suara dan jaringan sekitarnya terlibat, akan terjadi perubahan suara.
Anda tidak perlu khawatir, amandel bisa diatasi dengan hasil memuaskan dalam waktu relatif singkat, tak lebih dari 1-2 minggu. Suara serak yang dialami, bisa saja karena proses penyakit ditenggorokan bawah. Entah akibat proses infeksi di tenggorokan atas yang menjalar atau sebagai proses sendiri. Tumor pita suara misalnya.
Untuk memastikannya, tak ada cara yang lebih baik selain memeriksakan diri langsung ke dokter, terutama spesialis THT (telinga, hidung dan tenggorokan). Dari hasil pemeriksaan dokter akan menentukan langkah selanjutnya yng terbaik bagi penderita.

Tips Kesehatan Headline Animator