wibiya widget

Saturday, November 12, 2011

Menu Penderita Demam Berdarah

Seperti yang pernah dibahas pada bulan lalu, mengenai pencegahan penyakit Demam Berdarah. Sekarang saatnya membahas Menu Penderita Demam Berdarah. Bagaimananpun juga Demam berdarah merupakan masalah kesehatan yang serius dan perlu penanganan. Bahkan di beberapa daerah selalu terjadin Kejadian Luar Biasa. Kasus demam berdarah hingga bulan Agustus 2011 tercatat sebanyak 24.362 jiwa dengan 196 terjadi kematian. Karena itu pemberian nutrisi yang tepat sangat dibutuhkan agar penderita dapat segera pulih dari penyakitnya. Berikut ini yang harus diketahui yaitu:

  1. Makanan yang mengandung energi tinggi (40-45 kkal/kg BB) dan protein tinggi (2-2,5 gr/kg BB) untuk memenuhi kebutuhan yang meningkat akibat demam tinggi dan stress tubuh karena penyakitnya.
  2. Cukup lemak, karbohidrat, vitamin dan mineral sesuai kebutuhan normal.
  3. Banyak minum. Cairan yang diberikan dapat berupa air putih, minuman isotonik, air kelapa muda, jus/ sari buah, sirup, teh, sari kacang hijau.
  4. Mudah cerna, tidak mengandung bumbu / bahan-bahan yang dapat merangsang saluran cerna misal cabe, cuka
  5. Porsi kecil tetapi sering
  6. Bentuk makanan lunak
  7. hindari sayuran , buah dan bahan makanan yang terlalu banyak mengandung serat seperti singkong, pepaya, nangka, daun pepaya
  8. Bila memberikan jus buah, pilihlah yang buahnya manis karena penderita Demam berdarah juga mengalami gangguan pencernaan karena peningkatan asam lambung akibat stress tubuh yang dialami.
  9. Hindari minuman kopi, santan kental dan minuman bersoda.
  10. Hindari cara memasak dengan menggoreng, sebaiknya dengan menumis, mengukus, merebus dan memanggang.

Tips Kesehatan Headline Animator