wibiya widget

Saturday, November 5, 2011

Manfaat Tomat bagi Kesehatan

Tomat merupakan tanaman yang paling mudah ditemui dimana saja dengan ciri warna merah yang cerah sangat menarik untuk dikonsumsi. Selain itu kaya vitamin C dan A, tomat juga dapat mengobati bermacam penyakit terutama berfungsi sebagai penghancur radikal bebas. Karena itu tomat sangat penting bagi kita semua. Berikut manfaat tomat bagi kesehatan yaitu :

  • Kanker
Mengkonsumsi 10 porsi makanan berbahan dasar tomat dapat mencegah penyakit kanker prostat. Diperkirakan berkat kandungan likopen. Bukan hanya itu, penelitian dari Universitas Illiois pun menunjukkan bahwa tomat dapat menhindari gejala kanker rahim, kanker lambung, usus besar, rektum dan pankreas. 
  • Jantung Koroner
Kadar likopen tinggi yang terdapat dalam tomat merah dapat mencegah serangan jantung. Kandungan asam salisilat juga mencegah pengentalan darah.
  • Kulit Mulus
 Vitamin B3 dalam tomat mampu menghaluskan kulit karena mampu melancarkan peredaran darah sehingga kulit mendapat kecukupan suplai makanan. Untuk jerawat juga bisa ditaklukkan dengan tomat karena zat tomatinnya yang bersifat antiradang dan antibakteri. Caranya, tomat yang sudah dibelah cukup dioleskan ke wajah, biarkan sampai kering. Setelah itu, bilas wajah dengan air dingin.
  • Pencernaan
Tomat yang kaya serat, air dan mineral membantu proses pencernaan. Mineralnya merangsang pengeluaran air liur sehingga menambah mencegah terbentuknya batu empedu. Dengan sifatnya yang antiradang berkat zat tomatin. Tomat dapat mencegah radang usus buntudan saluran pernapasan.
  • Lain-lain
Tomat dapat membantu mencegah asam urat, vitamin A dan C pada tomat dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Tips Kesehatan Headline Animator