wibiya widget

Thursday, April 12, 2012

Mengendalikan Maag selama Hamil

Maag terjadi dikarenakan adanya luka atau peradangan lambung sehingga menyebabkan rasa perih, mulas. Maag sangat tidak enak, apalagi bagi ibu hamil. Penyebabnya adalah karena kadar hormon progesteron yang meningkat drastis, sehingga tidak mengherankan jika maag menjadi keluhan umum yang berlaku bagi ibu hamil. Sebenarnya cara menyingkirkan maag saat hamil dengan cara mencegah agar tidak terjadi maag. Ada beberapa cara untuk melakukannya, yaitu:
  1. Sebelum berbaring atau tidur sebaiknya menunggu 1-2 jam setelah makan.
  2. Ketika ingin tidur, sangga kepala dan punggung. Posisi tidur dengan kepala lebih tinggi ketimbang perut itu membantu agar isi perut tetap berada di perut.
  3. Untuk menggantikan jadwal makan 3 kali, lebih baik memilih untuk makan sebanyak 5-6 kali sehari dalam porsi lebih kecil.
  4. Irisan alpukat juga bagus untuk mengurangi maag dan menurunkan kadar asam pada lambung.
  5. Minum segelas susu.
  6. Hindari makanan pedas dan asam (misal jeruk), berminyak dan berlemak. Perlu juga diingat bahwa setiap orang memiliki pemicu terjadinya maag yang berbeda-beda. Jika anda tahu jenis makanan yang biasa membuat anda menderita maag, sebaiknya menghindarinya. Selamat mencoba!!! Semoga membantu....

Tips Kesehatan Headline Animator