wibiya widget

Saturday, January 7, 2012

Mengintip Kesehatan Kuku

Sebenarnya fuungsi utama kuku adalah melindungi ujungi jari yang lrmbut dan penuh urat saraf, serta mempertinggi daya sentuh. Namun ternyata adanya perubahan kuku dapat menyebabkan cermin dari penyakit, sehingga dari kuku dapat didiagnosa penyakit yang mungkin ada di dalam atau di luar tubuh. Warna kuku yang sehat adalah merah jambu pada lapisan atas. Beberapa perubahan atau kejanggalan pada kuku yang dapat mencerminkan adanya penyakit diantaranya:

  1. Warna kebiruan pada pangkal kuku menandakan hemoglobin yang membawa oksigen di dalam darah mengalami kekurangan oksigen. Hl ini biasanya menandakan adanya ketidakberesan pada sirkulasi darah dan bisa merupakan indikasi gejala penyakit jantung.
  2. Warna keputih-putihan atau pucat merupakan tanda bahwa orang tersebut kondisinya kurang baik, biasanya disebabkan oleeh kekurangan zat besi.
  3. Warna agk kekuningan, biasanya merupakan akibat bahan-bahan kimia atau asap rokok. Bila diikuti dengan pertumbuhan kuku yang tebal dan lambat dengan keluhan batuk dan sinus, maka ini dapat menunjukan adanya penyakit paru.
  4. Lapisan merah membujur pada kuku, menandakan perdarahan pada pembuluh kapiler. Garis-garis ganda merupakan gejala penyakit darah tinggi (hipertensi).
  5. Warna merah muda atau coklat pada dekat ujung kuku sementara kulit ari berwarna putih, itu bisa merupakan gejala penyakit ginjal.
  6. Bila ada lengkungan berlebihan pada pangkal kuku dan sekitar ujung kuku, itu menandakan gejala penyakit TBC, emfisema (gangguan pada paru-paru), penyakit kardiovaskuler atau hati.
Namun demikian tidak semua perubahan pada kuku kita menandakan adanya suatu penyakit. Kuku yang berwarna keputih-putihan dan tebal merupakan kuku yang normal, hal ini biasanya berkaitan dengan perubahan usia. Begitu pula untuk garis vertikal dan sedikit bintik kecil putih, masih dianggap normal. Karena itu tidak ada salahnya bila mulai saat ini kita rajin memperhatikan perubahan apapun pada pertumbuhan kuku agar penyakit lebih dapat terrdeteksi.

Tips Kesehatan Headline Animator