wibiya widget

Friday, November 4, 2011

Pemberian jus buah pada bayi

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam pemberian jus buah pada bayi yaitu: Jus buah tidak diperbolehkan dikonsumsi oleh bayi usia 0-6 bulan karena usia 0-6 bulan bayi harus diberikan ASI. Jika usia lebih dari 6 bulan bayi sudah diperkenankan makan yang padat sehingga baru boleh diberikan jus buah.
Kandungan gula dalam jus juga harus diperhatikan karena dapat menimbulkan karies pada. Untuk itu jika bayi ingin diberikan jus sebaiknya lewat secangkir gelas, jangan lewatkan botol.
Pemberian jus buah untuk bayi sebaiknya sebanyak 50-100 ml/hari sedangkan untuk anak usia 1-4 tahun sebaiknya diberikan sebanyak 120-170 ml/hari. Ingat, jangan diberikan dalam jumlah yang berlebihan, karena tidak akan memberikan manfaat selain menambah asupan gula, karies gigi dan kurang gizi karena bayi cenderung memilih jus buah yang manis dan segar daripada makanan padatnya yang lebih bergizi. Pemberian jus buah dalam jumlah yang cukup banyak juga bisa menimbulkan masalah kesehatan seperti diare kronik, banyak gas di dalam perut bayi sehingga perut menjadi lembung dan sakit perut.

Tips Kesehatan Headline Animator